Info Terkini

Imlek Sebentar Lagi, Ini Tradisi Orang Taiwan yang Wajib Kamu Tahu

Sebentar lagi imlek nih, pasti banyak diantara kalian yang sudah mulai sibuk dengan aktifitas membersihkan rumah, merapikan barang dan mencuci barang barang majikan. Kalau ini sih tradisi PMI di Taiwan setiap tahun ya. Lalu tradisi orang Taiwan apa sih? ayuuukk simak disini.

Tradisi imlek disetiap negara bisa jadi sama namun bisa juga berbeda, kalau selama ini kita hanya tau tradisi imlek di Indonesia yang terkenal bagi bagi angpao, yuk kita pelajari tradisi yang ada di Taiwan.

Tradisi Imlek di Taiwan diketahui sangat mirip dengan tradisi Imlek dari Fujian, Tiongkok selatan, hal itu terjadi karena banyak yang di masa lalu mereka merupakan imigran dari wilayah tersebut.

Festival Kembang Api Sarang Lebah

Dipercaya dapat menangkal nasib buruk dan tahun baru yang lebih baik, warga masyarakat di Tainan setiap tahun selalu menyelenggarakan Festival Kembang Api Sarang Lebah (鹽水蜂炮) dimana mereka akan menggunakan pelindung dan kemudian melewati kembang api terbang yang diletuskan di jalanan sekitar Jalan Yanshui. Festival ini secara khusus diadakan setiap hari ke-7 setelah Hari Raya Imlek.

Menghindari kata-kata negatif dan benda tajam

Menghindari kata-kata negatif dan benda tajam saat Hari Raya Imlek dan liburan terkait dianggap dapat membuat keberuntungan Anda akan lebih baik di tahun yang akan datang.

Bermain mahjong

Malam Tahun Baru Imlek biasanya ditutup dengan acara bermain mahjong, utamanya setelah acara makan besar. Banyak keluarga yang akan menyiapkan meja mahjong, bermain bersama dengan sedikit tambahan uang dan minum sedikit alkohol, sehingga suasana hangat lebih terasa.

Berkunjung ke kelenteng untuk berdoa

Berkunjung ke kelenteng untuk berdoa saat Imlek dimaksudkan sebagai harapan agar di tahun yang baru, kehidupan mereka dapat berjalan lebih lancar dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Berdoa di kuil atau kelenteng juga dimaksudkan untuk menolak bala serta aman dan damai.

Mengadakan acara Weiya dan Chunjiu

Mirip seperti acara berbuka puasa bersama menjelang Idul Fitri dan acara silaturahmi setelah Lebaran di Indonesia, masyarakat Taiwan utamanya pihak perusahaan setiap tahun akan menyelenggarakan acara makan bersama menjelang Imlek yang disebut Wěiyá (尾牙) dan/atau sesudahnya yang disebut Chūnjiǔ (春酒). 

Dalam acara-acara tersebut, tidak hanya ada acara makan bersama, namun juga ada acara hiburan seperti karaoke, kompetisi unik antar pegawai atau anggota komunitas, serta pembagian door prize atau hadiah, utamanya angpao khusus.

Kegiatan weiya dan chunjiu ini biasanya dilaksanakan di Taiwan, Singapura, Malaysia, Tiongkok, termasuk Hong Kong, dan Makau.

Menerbangkan lampion 

Menulis pesan harapan dan keinginan di kertas lampion kemudian melepaskannya atau menerbangkannya ke langit merupakan harapan agar di masa depan impian dan cita-cita tersebut dapat terkabul.

Salah satu tempat yang paling terkenal untuk melepas dan menerbangkan lampion di Taiwan adalah di Pingxi.

Memasang bait tulisan karakter Mandarin baru

Bait merah berupa pesan atau puisi spiritual baru dipercaya akan membawa keberuntungan bagi mereka yang tinggal di rumah dimana bait tersebut ditempelkan di pintunya.

Nah itulah sederet tradisi yang biasanya ada di Taiwan saat tahun baru imlek. Imlek tahun ini bagaimana kabarmu? dapat angpao apa tidak? bagi yang dapat bersyukur dan bagi yang tidak jangan berkecil hati ya, tetap syukuri rejeki yang ada, amin.

sumber: nihaoindo.com, google

Back to top button